Aturan Makan yang Baik dan Benar untuk Ibu Hamil

perawatan-untuk-ibu-hamilMakan ikan dan minyak ikan untuk memiliki bayi pintar, tidak melewatkan sarapan, tidak mencoba makan untuk dua orang adalah aturan ibu hamil yang perlu diingat. Berikut ini beberapa aturan lain yang harus ibu ingat saat makan selama kehamilan.

Aturan makan yang baik dan benar untuk ibu hamil

  1. Jangan melewatkan sarapan

Sarapan adalah makanan terpenting setiap hari, yang membantu mengembangkan berat badan untuk ibu dan anak, membantu menyeimbangkan nutrisi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda tidak memiliki sarapan lengkap, Anda tidak akan memiliki cukup energi untuk kegiatan sehari-hari, untuk melawan gangguan, untuk menjadi lelah kehamilan dan memberi makan bayi Anda.

Menurut dokter, ibu harus makan sarapan yang mengandung protein tinggi, karbohidrat, lemak, susu dan buah.

Jika Anda merasa sulit untuk minum susu hamil, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk minum, dan banyak susu dan produk susu lainnya yang bisa Anda pilih.

  1. Makan berbagai produk susu

Susu merupakan sumber penting kalsium dan mineral yang dibutuhkan untuk ibu dan bayi. Jika Anda merasa sulit untuk minum susu, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk dipaksa minum, ada banyak jenis susu dan produk susu lainnya untuk Anda pilih seperti susu, susu kedelai, susu, yogurt.

Para ahli menyarankan bahwa jika Anda makan dengan baik, makan penuh sayuran, buah-buahan, susu segar, tidak perlu menambah suplemen gizi dengan susu ibu hamil. Alih-alih melengkapi dengan suplemen makanan buatan, makan makanan alami akan menyerap nutrisi dengan lebih baik.

  1. Pilih camilan sehat

Mengidam sering terjadi pada wanita hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan. Makanan ringan tidak hanya membantu wanita hamil memuaskan nafsu makan tetapi juga membantu menghilangkan perasaan mual dan tidak nyaman.

Namun, banyak junk food dapat menyebabkan kenaikan berat badan, obesitas, kesehatan ibu yang tidak sehat, serta kesulitan dalam penurunan berat badan setelah melahirkan. Jadi, pilih camilan sehat seperti roti, yogurt rendah lemak, buah segar, jus buah, sereal, susu.

  1. Makan ikan dua kali seminggu

Dan salah satu dari dua ikan ini tinggi dalam minyak ikan, seperti salmon, sarden, ikan yang banyak mengandung asam amino AA, EPA, DHA, sangat diperlukan untuk perkembangan mata dan pikiran. otak anak itu. Setiap ibu yang ingin menjadi pintar, memiliki ingatan yang baik, IQ tinggi, pasti tidak bisa mengabaikan ikan saat hamil.

  1. Tetap sehat dengan menambah berat badan

Biasanya, wanita hanya perlu meningkatkan dari 10-12 kg selama kehamilan. Kenaikan berat badan dapat mempengaruhi tekanan darah dan masalah kesehatan lainnya.

Namun, makan pantangan, menambah berat badan terlalu sedikit akan membatasi asupan nutrisi bayi Anda. Selain itu, ibu ingat untuk berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan pada tingkat sedang dan mempersiapkan diri untuk melahirkan lebih mudah.

  1. Minum banyak air dan cairan lainnya

Wanita hamil menyerap air lebih cepat dari orang normal dan selalu membutuhkan lebih banyak cairan. Minum banyak air dan cairan penting lainnya seperti susu, jus buah, kaldu, terutama setelah berolahraga atau saat panas.

  1. Makan utama harus memiliki kandungan pati

Misalnya, roti, kentang, nasi, pasta, talas, atau sereal. Pilih dari biji-bijian utuh, tepung mentah, dan serat tinggi. Ini juga membantu ibu untuk mencegah sembelit atau kehamilan.

  1. Makan lebih banyak sayuran

Ibu harus makan berbagai buah dan sayuran dengan warna yang berbeda, setidaknya 5 kali sehari untuk mendapatkan jumlah vitamin dan mineral yang tepat.

  1. Jangan mencoba makan untuk dua orang

Makanan menjadi jauh lebih menarik ketika wanita hamil memiliki nafsu makan tetapi mendapatkan terlalu banyak berat badan hanya menyebabkan kesulitan tambahan dalam persalinan dan mempengaruhi kesehatan ibu.

Para ahli telah menunjukkan bahwa bayi hanya membutuhkan 200 kalori sehari dibandingkan dengan rata-rata orang, yang sama dengan 2 potong roti panggang dengan mentega atau sekantung kecil kentang ditambah 30 gram keju.