Manfaat Asam Folat Bagi Kehamilan

Manfaat Asam Folat Bagi Kehamilan

Asam folat merupakan satu dari sekian banyak nutrisi yang diperlukan selama kehamilan. Jenis nutrisi satu ini biasanya diberikan oleh dokter dalam bentuk kapsul.

Selain itu, berbagai macam makanan juga mesti dikonsumsi untuk semakin mengoptimalkan kebutuhan asam folat harian Anda.

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari asam folat ini, mulai dari memproduksi eritrosit hingga menunjang produksi sel darah merah. Kedua jenis sel darah tersebut memang mesti lebih optimal produksinya selama kehamilan.

Baik bagi janin maupun ibu hamil, asam folat menyimpan segudang manfaat besar. Untuk ibu hamil, dianjurkan mengonsumsi asam folat sebesar 400 mg per hari pada trimester pertama.

Kebutuhannya akan semakin besar seiring bertambahnya usia kandungan. Selain itu, asupan asam folat juga mesti dioptimalkan untuk ibu menyusui.

Aneka makanan seperti kacang-kacangan, sayuran, susu, dsb adalah jenis makanan yang kaya asam folat. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk berbagai macam manfaat asam folat untuk ibu hamil.

Berbagai Manfaat Asam Folat

  1. Mencegah depresi

Asam folat memiliki efek menenangkan yang optimal. Efek satu ini sangat bermanfaat untuk mencegah depresi. Pada kehamilan, reaksi perubahan hormon membuat mood ibu hamil menjadi kurang stabil.

Resiko depresi dan stress pun lebih besar, maka dari itu Anda mesti mengonsumsi makanan anti depresan dan makanan kaya asam folat seperti kacang-kacangan serta sayuran sangat diperlukan.

  1. Meningkatkan produksi sel darah merah

Selain zat besi, asam folat juga efektif untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Produksi hemoglobin yang optimal akan membuat resiko anemia selama kehamilan bisa Anda cegah.

Ibu hamil sangat rentan terhadap resiko anemia. Maka dari itu asam folat perlu Anda konsumsi sebagai nutrisi pendamping zat besi.

Keletihan dan rasa lelah berlebih pun bisa anda minimalisir dengan konsumsi makanan-makanan kaya akan asam folat.

  1. Mencegah keguguran

Dokter kandungan biasanya memberikan sejumlah kapsul yang merupakan asam folat. Hal ini bertujuan agar kandungan ibu hamil lebih kuat.

Selain itu, produksi sel darah merah yang lebih optimal juga menyebabkan janin bisa mendapatkan asupan nutrisi yang lebih optimal.

Hal ini semakin memperkecil resiko keguguran. Selain itu resiko bayi lahir prematur dan cacat juga bisa Anda perkecil dengan mengonsumsi pil asam folat dari dokter atau makanan-makanan kaya nutrisi tersebut.

  1. Mencegah kelainan sumsum tulang belakang

Kelainan sumsum tulang belakang bisa saja terjadi pada janin yang kekurangan asam folat. Asam folat bekerja memproduksi eritrosit yang merupakan sel darah putih.

Sel darah putih ini efektif untuk mengoptimalkan antibodi alami serta perkembangan sumsum tulang belakang. Kelainan bawaan, resiko leukimia, hingga perkembangan janin tidak optimal bisa dicegah dengan mengonsumsi asam folat secara cukup.

Demikian beberapa manfaat asam folat bagi kehamilan yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan menambah informasi untuk Anda.